‘bye-bye’ or ‘popeye’

Kata sapaan apa yang biasa kita ucapkan dalam situasi perpisahan? Perpisahan di sini misalnya kalo kita ketemu temen di jalan terus mau pamitan beli bakso di ujung gang and ga bisa ngobrol lama-lama, ato mungkin setelah mengobrol lama dengan temen di kafe or resto fast food terus ujung-ujungnya ya mau pulang karena udah kelamaan. Di Indonesia saya sering mengucap ‘dadaaaaaaa…’ or ‘daaaaaaaaaaaaa’ (dengar2 ini serapan dr bhs Belanda?benarkah?), itu sering saya gunakan selama dua puluh tahun lebih. Atau kalau temen bicara adalah muslim, saya pakai kalimat salam. Nah, kalo sekarang ga tau ada kata sapaan lain ato ngga?

Bagaimana dengan kata ‘bye-bye’?dulu kalo menurut saya kata ‘bye-bye’ itu disampaikan jika kita ingin pisah lamaaa sekali. Oleh karena masih sering ketemu ama temen2 yang juga tetangga atopun tmn sekolah, jd jarang pakai kata ‘bye-bye’.

Di Taiwan, waktu pertama kali saya ke sini sekitar thn 2002 saya agak kaget dan bertanya-tanya. Mereka selalu bilang ‘bye-bye’ ketika berpisah. Dalam benak saya bertanya memangnya dia mau pergi jauh ya, kok ‘bye-bye’.Saya belum terbiasa rupanya. Iya, mereka menggunakan ‘bye-bye’ jika ingin berpisah dan itu lazim seperti ‘daaaaa’-nya kita org Indonesia. Hanya saja yang lucu, lafal mereka mengucapkan ‘bye-bye’ terdengar seperti kata ‘popeye’..yeaaa, lidah dan pengucapan ‘b’ tidak begitu baku, sehingga terdengar seperti bunyi ‘p’. Di bahasa Mandarin pun tidak ada kata yang dilafalkan bunyi ‘b’ seperti bunyi ‘bebek’ dalam bahasa kita. Yang ada adalah ‘p’ dan ‘p’ aspiratif. So, ‘bye-bye’ or ‘popeye’? Coba kalian amati, tidak sedikit juga sih yang bisa mengucapkan lafal ‘b’ dengan fasih. Malah terkadang saya juga kena imbas ‘popeye’ denk😦

Explore posts in the same categories: bahasa

2 Komentar pada “‘bye-bye’ or ‘popeye’”


  1. kalo in denger tuh
    kayak gini “pa pai ”😀

  2. leonnardo Sijabat Says:

    pye……………………pye …………………….kalo dijawa artinya gimana…………..gimana……………sorry saya tidak akan komment tentangg bye-bye or popeye…kalo saya baca dari web kamu ada yang terpancar nengenai aura anda….apakah itu?
    1. apakah yang anda rasakan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari?
    2. anda adalah orang yang menarik dan baik hati
    3. kebaikan hati anda kadang membuat anda bingung tentang jati diri anda sendiri…
    4. anda yang dikasihani………………
    erna:wah mengerti bhs jawa juga,ya…xiexie, sepertinya anda mampu ‘membaca’ aura seseorang melalui tulisan?;-) ..bukan peramal khan?:P


Tinggalkan Balasan

