chinese is my window to see the world

img_3485.JPGBlog ini inshaAllah jika diijinkanNya akan saya corat-coret dengan pena kehidupan saya sebagai mahasiswi muslim di Taiwan atau di mana saja saya berada. Selain itu juga berniat ingin berbagi ilmu atau tukar informasi mengenai seluk beluk bahasa Cina kepada kawan semua.

Saya adalah Ernawati, mahasiswi sebuah universitas keguruan di Taiwan. Mulai tertarik dengan bahasa dan budaya Cina sejak kecil waktu di Indonesia sedang demam serial White Snake Legend di SCTV. Bersamaan saya juga menyukai film-film kungfu Cina dan para aktornya, seperti Jet Li. Itu sebabnya saya menggunakan “jeterna”, asalnya dari singkatan simpel JetLi-Erna yang kini diutak-atik menjadi judul blog saya sekarang hehe…

Dalam sebuah mimpi ada sebuah harapan. Dari sebuah harapan hadirkan semangat untuk mewujudkannya. Cita-cita saya waktu SD ingin menjadi guru, tapi setelah mendengar omongan orang dan memang ada kenyataan bahwa gaji guru kecil, saya mengganti cita-cita saya. SMP dan SMA, masa-masa peralihan saya untuk terus mencari dan memikirkan cita-cita supaya ketika ditanya atau disuruh menulis biodata buku diary teman tak perlu berpikir panjang lagi. Inilah beberapa cita-cita saya saat itu : ingin jadi pengusaha, pegawai bank, orang yang sukses, arsitektur, dan pemandu wisata, bahkan menjadi detektif. Tak pernah terpikirkan untuk menjadi guru lagi. Namun, setelah masa transisi itu dijalankan, tanpa terasa saya diarahkan untuk kembali menjadi guru. Ya, guru bahasa Cina.

Rasululullah SAW berpesan: Tuntutlah ilmu hingga ke negeri Cina. Untuk pemuda Indonesia, kita sebagai rakyat Indonesia yang baik, mari sama-sama bangun negeri kita.

Jiayou!!

Wassalam

11 Komentar pada “chinese is my window to see the world”


  1. ini blog punya siapa yach ?
    boleh kenalan donk !!!

  2. jeterna Says:

    blog ini punya erna hehehe..mari berkenalan😉

  3. intan Says:

    coba dicek… adakah bahasa indonesia-mu terinterferensi dengan bahasa mandarin yang kaupelajari secara intensif itu?
    hmmm…😉

  4. rurit Says:

    hi,erna saya rurit,bulan depan(juli)saya dimintai tolong SMEAN di kota saya di Tuban jatim untuk mengajar bahasa mandarin.Apakah saya bisa minta bantuanmu bila ada kesulitan huruf atau pinyin?balas secepatnya krn saya butuh kepastianmu.
    <strong>erna wrote: ok. InshaAllah.selamat mengajar, ya! jiayou!</strong>

  5. rurit Says:

    hi,erna ini rurit lagi,tanda baca yg terdapat pada pinyin apakah memang perlu sekali diajarkan atau tidak?anak-anak pasti susah menghafal krn tiap huruf mempunyai tanda baca yg berbeda.untuk pengajaran pertama,menurutmu apa yang harus diajarkan lebih dulu?yi er san si wu atau be pe me fe atau hari dalam 1 minggu ataukah langsung percakapan perkenalan (ni hao,ni hao)?

  6. akhid Says:

    Assalamualaikum…kuliah di taiwan wah pengeen…

  7. akhid Says:

    kalo boleh tau dahulu kala….mbaknya lewat jalur beasiswanya sulit ga??

    erna wrote : alhamdulillah lancar, karena sudah tahu jalur-jalurnya.

  8. shadzri Says:

    Assalamualaikum…. salam perkenalan dari saya. saya juga pernah ke Taiwan tapi cuma sekali saja. itupun kerana menghadiri satu konferens arkeologi 6 tahun yang lalu. cerita mu lantas mengingatkan saya tentang bandar taipie. dulu saya tinggal di Academia Sinica di Nankang. pernah ke sana ngak? kapan mau balik ke indonesia, kalau sudi, singgahlah di Malaysia. salam.

  9. istiana Says:

    Assalamu’alaikum…wah pengen d Taiwan.jalur untuk dpt beasiswa disana gmn mbk?

  10. bashsnata Says:

    nalezy sprawdzic:)

  11. san san Says:

    Hai, salam kenal ka erna..
    Saya berencana akhir taun ini ingin skali berangkat ke taiwan (taipei)..
    Tapi sebelum berangkat saya sedang mencari banyak referensi sekolah (kursus bahasa) , tempat tinggal , kalau bisa beberapa tempat partime yg mau menerima kita yg dtg kesana untuk sekolah..
    Saya melihat isi blog ka erna sepertinya sudah tau secara detil kehidupan disana..
    Ada beberapa hal yg mau saya tanyakan,
    -Apakah ada sekolah / tempat kursus di taibei yg harganya murah, jauh dibawah harga wenhua da xue / shi da. Kl ada boleh share yaa web nya
    – harga tempat tinggal / rent house disana kisaran berapa ya? Dl ka erna tinggal di mana?
    -brg2 apa yg harus saya persiapkan dari skrg2 untuk saya bawa? Takut saya nanti uda sampe sana, brg2 dri indo ga kepake semua, krn musim/tren yg beda..
    -perkiraan pengeluaran tiap bulan..
    -kepengurusan visa deposito awal, dll, itu habis biaya berapa?

    Ini aja sih yg masi jadi pertanyaan yg butuh sekali bantuan ka erna untuk di share ( ‾̴̴͡͡▿ ‾̴̴͡͡ʃƪ) τнäηκ чöü bgt ya da mau baca pertanyaan saya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: